Selasa, November 24, 2020
Beranda Health Wabah Virus Corona Di China, Bagaimana Nasib Pelajar Dan Tenaga Kerja Indonesia

Wabah Virus Corona Di China, Bagaimana Nasib Pelajar Dan Tenaga Kerja Indonesia

Jakartanews.co.id – Memasuki awal tahun 2020 Dunia dikejutkan dengan kehadiran tamu yang tak diundang sebagai pembawa bencana kemanusiaan yang sangat mengerikan, Virus Corona (NcoV) merupakan Virus sangat mematikan. vVrus Corona mulai berkembang pertama kali di Wuhan, China. Mereka mulai terjangkit  setelah makan sop ular, akan tetapi juga ditengarai penularan dari kelelawar yang dijual bebas di Pasar Wuhan.

Ini adalah bencana kemanusiaan yang kita semua harus ikut prihatin dan saling mendoakan, terlepas dari sebab yang mengakibatkan virus itu berkembang.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia Tenaga Kerja Indonesia yang mencari nafkah di negeri tirai bambu tersebut sangat banyak tersebar di beberapa tempat di Hongkong, Makau dan Taiwan, data dari Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia tercatat 178.000 dan Taiwan 208.000 Tenaga Kerja Indonesia.

Wabah Virus Corona Di China, Bagaimana Nasib Pelajar Dan Tenaga Kerja Indonesia
Dokumen Jumlah TKI Yang Berada Di China

Sedangkan pelajar Indonesia yang berada di China berdasarkan data dari Kedutaan Indonesia di Tiongkok tercatat 14.233 jiwa tersebar di seluruh wilayah China. Saat ini sampai dengan 24 Januari 2020 menurut laporan dari Perhimpunan Pelajar Indinesia di Tiongkok Cabang Wuhan  terdapat 93 jiwa terdiri dari pelajar dan WNI berada di Wuhan.

Kementrian Luar Negeri Indonesia menyampaiakan pernyataan resmi melalui laman https://kemlu.go.id/ , menyatakan bahwa Warga Negara Indonesia sebanyak 243 orang yang mayoritas merupakan mahasiswa dalam keadaan sehat dan aman, mereka tersebar dibeberapa daerah antara lain : Wuhan, XianingHuangshi, Jingzhou, Enshi dan Xianyang.

KBRI Beijing berkoordinasi dengan otoritas setempat memberikan bantuan logistik bagi WNI yang ada didalam Daerah Karantina, juga dilakukan komunikasi yang intesif dengan Perhimpunan Pelajar di Tiongkok melalui Media Sosial waktu demi waktu dan terus updates.

Pada tanggal 26 januari 2020 Kementrian Luar Negeri, Kementrian Kesehatan dengan KBRI Beijing serta KJRI Hongkong, KJRI Shanghai, KJRI Guangzhou dan KDEI Taipei telah melakukan koordinasi dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi guna penyelamatan WNI yang berada diwilayah karantina, serta mempersiapkan opsi evakuasi bagi WNI. Langkah-langkah koordinasi juga dilakukan dengan otoritas RRT bilamana perlu dilakukan Evakuasi. Komunikasi juga dibangun dengan perwakilan negara lain yang kemungkinan akan melaukan opsi serupa.

Pemerintah Indonesia menghimbau bagi WNI yang berada di China, untuk selalu menjaga stamina tubuh,kebersihan, memakai masker,menjauhi keramaian, serta selalu berkomunikasi dengan perwakilan RI terdekat.

Pemerintah membuka laman resmi untuk pengaduan WNI yang berada di China peduliwni.kemlu.go.id  .

 

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments