Sabtu, November 28, 2020
Beranda Health Tips Pintar Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Pintar Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Jakartanews.co.id – Musim hujan sejak awal januari 2020 lalu terhitung extreme, bahkan di ibukota Jakarta mengalami beberapa kali kebanjiran. Dengan adanya pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan saja sudah membuat tubuh lebih rentan kepada penyakit, apalagi dengan ditambah cuaca extreme. Bagaimana menjaga kesehatan tubuh saat musim penghujan?

Sedia payung atau jas hujan

Sebagaimana kata pepatah, sedia payung sebelum hujan tampaknya sangat bermanfaat. Selalu jaga-jaga karena setiap saat bisa saja terjadi hujan.

Pastikan Menjaga Higienis

Pada saat musim hujan, bakteri, virus dan kuman akan berkembang lebih leluasa dikarenakan adanya kelembapan yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, saat musim hujan tubuh sangat rentan terkena penyakit. Cuci tangan dengan baik dengan menggunakan sabun akan menjaga kesehatan anda. Tangan bisa menjadi sarang bakteri dan virus, terlebih ketika musim hujan virus flu sangat rentan menyerang jika anda tidak menjaga kebersihan. Jika memungkinkan, bawa selalu Hand sanitizer kemanapun anda pergi.

Minum Air Putih dan The Herbal

Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai detoksifikasi dan menjaga tbuh dari penyakit. Karena sedang musim hujan, pastikan air yang anda minum merupakan air yang bersih dan matang. Sesekali anda juga perlu untuk minum teh herbal agar badan tetap hangat serta menguatkan imunitas tubuh, terlebih setelah anda kehujanan. Dengan adanya pasokan air pada tubuh, maka otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh. Anda juga bisa mengkomsumsi aitr jahe untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Konsumsi Makanan Sehat

Ketika musim hujan, suhu tubuh menjadi lebih rendah dan dengan begitu tubuh akan membutuhkan lebih banyak kalori yang digunakan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, dengn asupan nutrisi untuk tubuh dapat mencegah serangan penyakit. Sangat penting anda mem[perbanyak makanan yang kaya vitamin dan mengandung antioksidan.

Membersihkan Lingkungan

Hujan yang terus menerus akan membuat lingkungan sekitar akan menjadi lebih kotor dikarenakan tingkat kelembapan udara tinggi serta limbah sampah yang mudah membusuk serta menjadi sumber kuman. Oleh karena itu, perlu membersihkan lingkungan yang memiliki potensi sarang kuman dan bakteri. Kubur sampah, menutup lubang dan genangan air, memotong pohon dan ranting yang terlalu rimbun, perlu dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap sehat.

Asupan Vitamim C

Tingkatkan asupan vitamin C saat musim penghujan. Anda bisa mengkonsumsi dalam bentuk suplemen atau dalam bentuk sumber vitamin C alami dalam makanan. Konsumsi makanan sumber vitamin C seperti jeruk, strawberry, kiwi, chery dikenal sebagai sumber vitamin C. anda dapat mengkomsumsi sumber vitamin C tersebut dalam bentuk alami, dimasak, atau dikeringkan serta diolah dalam jus ataupun smoothie.

Selalu Mandi Setelah Kehujanan

Saat anda kehujanan dalam perjalanan, setelah sampai di rumah sesegera mungkin untuk mandi dan keramas. Mungkin ini terdengar konyol, namun justru hal ini dapat menetralisir kuman dan bakteri yang menempel dalam tubuh serta membantu untuk menghangatkan badan.

Gunakan Penolak Serangga

Anda pasti merasa bahwa musim penghujan serangga selalu meningkat. Agar aman dari gigitan serangga, gunakan penolak serangga. Saat tidur gunakan kelambu untuk mencegah nyamuk. Saat musim hujan biasanya penyakit malaria menjadi penyakit yang sering muncul.

Gunakan Pakaian Hangat

Saat musim penghujan, pakaian yang hangat akan menjaga tubuh anda dari dingin. Apabila keluar rumah, gunakan jaket atau sweater. Saat anda keluar rumah, menggunakan alas kaki juga sangat penting karena jamur dan cacing dapat masuk ke tubuh melalui kaki. Selalu jaga kebersihan kaki dan siapkan sandal saat di kantor.

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments