Kamis, November 26, 2020
Beranda Health Tips Bersih-Bersih Pasca Banjir

Tips Bersih-Bersih Pasca Banjir

Pasca banjir maka hal berikutnya yang sangat menyita waktu adalah membersihkan rumah. Eits, jangan asal ya jika anda hendak membersihkan rumah pasca banjir. Malah-malah anda bisa terkena penyakit jika membersihkan rumah asal-asalan karena masih ada sisa kotoran dan lumpur banjir di rumah anda. Bagaimana membersihkan rumah pasca banjir yang tepat? Simak panduan berikut ini.

Semakin Cepat, Lebih baik

Segera mungkin anda bersih-bersih rumah jika air banjir mulai surut. Dengan menunda penyakit, anda membiarkan sarang penyakit di rumah anda lebih lama.

  1. Periksa dahulu keadaan di dalam rumah anda sebelum memulai bersih-bersih. Pastikan keadaan sudah aman, lihat apakah kondisi rumah masih aman dan kokoh untuk dimasuki, cek struktur bangunan apakah ada yang rusak.
  2. Matikan sumber listrik. Listrik serta peralatan mesin yang tersambung listrik dapat meningkatkan resiko tersengat listrik dan atau konslet. Pastikan keamanan rumah dan cek apakah ada kebocoran gas. Jika ingin menggunakan peralatan listrik maka pastikankeamanannya dengan meminta bantuan teknisi listrik untuk mengecek.

Penyakit Pasca Banjir

ada beberapa penyakit pasca banjir yang perlu dikenali dan diwaspadai jika daerah anda terkena banjir. setidaknya ada 7jenis penyakit pasca banjir yang sering muncul, yaitu diare, demam berdarah, leptospirosis, kolera, tipus, infeksi pernafasan akut (ISPA) malaria dan berbagai gangguan penyakit kulit.

Bersihkan Lumpur dan Genangan Air

Hal yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan genangan air serta lumpur yang ada di dalam rumah. anda bisa menggunakan alat pompa untuk mengeluarkan air dari dalam rumah supaya lebih cepat. Buka lebar-lebar pintu rumah dan jendela agar sirkulasi udara menjadi bersih.  Periksakan diri anda serta keluarga jika anda terpaksa mengungsi sehingga gejala awal penyakit bisa terdeteksi.

Membersiihkan Perabotan

kumpulkan perabotan anda dan mulai bersihkan dengan cara yang hygienis. Jika anda memiliki perabot atau kasur yang sudah terendamlebih dari 48 jam, maka ada kemungkinan susah untuk mengeringkannya maka sebaiknya anda buang saja. pasalnya, jamur akan sangat mudah tumbuh di jamur yang basah dan lembab.

  1. karpet yang tipis dapat dicuci dengan mesin cuci. Bersihkan permukaan karpet dengan shampo agar tidak merusak permukaan karpet.
  2. Untuk bantal dan guling akan sangat sulit untuk membuatnya layak dipakai kembali jika sudah terendam banjir. Meski begitu anda bisa mencoba dengan membersihkan kotoran yang menempel di bantal dan guling lalu mencuci dengan air hangat yang sudah diberi detergen ber enzim. Jemur hingga benar-benar kering.
  3. Perabot kayu, sofa dan sejenisnya. Jika lapisan pada perabot terendam dan mengandung air cukup lama, anda bisa mempertimbangkan untuk ganti yang baru.  Jika tidak terendam, anda bisa mulai membersihkan dengan cara ini. Pertama, lepaskan lapisan busa dari perabot kayu. Bersihkan bingkai perabot kayu dengan campuran larutan pemutih 180Ml dengan 4 liter air. Keringkan bingkai kayu namun jangan dijemur kena sinar matahari langsung. Cuci lapisan busa hingga kering. setelah busa dan bingkai benar-benar kering maka bisa disatukan kembali.
  4. gorden, tirai seprai. Untuk gorden yang memiliki gantungan logam maka sebaiknya diganti yang baru saja karena bisa berkarat.
  5. Bersihkan setiap permukaan perabot kerja seprti piring, gelas, dan perabotan dapur lain dnegan desinfektan sebelum digunakan.

Dengan membersihkan rumah secara seksama, maka anda bisa terhindar dari penyakit pasca banjir yang mengintai anda dan keluarga. Pastikan kebersihan diri sendiri, keluarga serta lingkungan ketika anda terkena banjir.  Perbaiki sanitasi yang ada di dalam rumah agar pasokan air bersih anda terjamin. Berikan pula pendidikan kesehatan kepada anak-anak anda agar mereka tetap sehat.

  • Pempimpin Redaksi : Imam Iswadi
  • Editor                       : Yulius Leonarta Tarigan
  • Promosi dan Iklan    : Adi Nugraha
  • Penulis                      : Ratih

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments