Senin, November 23, 2020
Beranda Health Serangan jantung di Usia Muda, Sebab dan Pencegahannya

Serangan jantung di Usia Muda, Sebab dan Pencegahannya

Beberapa hari lalu public dikejutkan oleh berita meninggalnya Ashraf Sinclair yang merupakan suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari.  Berita ini menambah daftar panjang artis yang meninggal karena serangan jantung di usia muda. Pada tahun 2011 artis dan anggota DPR Adjie Massaid juga mengalami hal yang sama dan meninggal dunia.

Kedua artis ini sama-sama dikenal sebagai pria muda, rajin berolahraga, serta hidup aktif. Dengan kondisi kesehatan demikian, mengapa bisa terkena serangan jantung? Berikut ulasan mengenai penyakit yang merupakan salah satu penyebab “silent killer” di usia muda.

Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda

Berdasarkan riset dari Kementrian Kesehatan pada tahun 2013, penyakit jantung koroner di Indonesia mencapai angka 12.1 % dari jumlah populasi. Jumlah tersebut meningkat dan semakin banyak di derita oleh kelompok usia muda dan produktif, yakni sebanyak 39% lebih berasal dari kelompok usia kurang dari 44 tahun.

Dari riset Cleveland Clinic, penyebab penyakit jantung pada usia muda factor terbesar adalah gaya hidup serta diabetes type 2.  Gaya hidup jaman sekarang dimana minim aktivitas fisik dianggap memiliki factor penting dalam lonjakan jumlah penderita penyakit jantung di usia muda.  Selain itu, penggunaaan obat terlarang juga menjadi alasan serangan jantung mendadak di usia muda.

Ada beberapa gejala serangan jantung yang muncul

  • Nyeri di bagian dada. Pada bagian dada sebelah kiri, biasanya bagian ini terasa seperti di remas atau di tekan
  • Merasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas. Pada saat serangan jantung muncul, biasanya muncul rasa sakit pada bagian atas tubuh seperti bahu, leher, rahang, lengan, ataupun bagian atas perut (pusar). Rasa tidak nyaman ini bisa berlangsung selama beberapa menit lalu hilang dan bisa kembali lagi. Terkadang perasaan ini juga disertai dengan detak jantung yang terasa lebih cepat dan merasa gelisah.
  • Sesak nafas. Apabila gejala ini muncul, biasanya tubuh akan mengeluarkan gejala fisik seperti mengeluarkan keringat dingin, pusing kepala serta tubuh mulai terasa lemas.
  • Gejala lain: terkadang serangan jantung juga disertai dengan gejala batuk, mual dan muntah terutama terjadi pada serangan jantung di wanita.

Faktor Risiko Penyakit Jantung

Ada beberapa factor yang dapat menjadi factor risiko penyebab penyakit jantung pada usia muda. Selain pola hidup yang tidak sehat dan factor genetic/keturunan, factor di bawah ini juga memiliki pengaruh.

  • Obesitas merupakan keadaan badan yang memiliki beberapa resiko kesehatan, tidak hanya serangan jantung.
  • Olahraga berlebihan sehingga jantung kelelahan
  • Stress
  • Penggunaan obat-obatan yang berlebihan dan illegal
  • Semakin bertambah umur, maka resiko mengalami serangan jantung makin besar. Umumnya menyerang di usia mulai 50 tahun ke atas.
  • Bad habit seperti merokok. Percaya atau tidak, merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung hingga 4 kali. Hal ini dikarenakan asap rokok yang masuk ke saluran pernafasan dapat mengakibakan lapisan arteri jantung rusak dan menyumbat pembuluh darah. Ketika arteri yang memasok darah ke jantung menyempit, maka kinerja akan turun dan darah kekurangan oksigen.

Mencegah Sejak Dini

Serangan jantung dapat menyerang siapa saja. Yang paling utama adalah bagaimana kita bisa menjaga pola hidup sehat, seimbangkan aktivitas olahraga dan kebutuhan harian, tidak mengkonsumsi alcohol dan merokok.

Apabila anda memiliki factor risiko penyakit jantung seperti di sebutkan di atas, maka ada baiknya anda untuk berhati-hati dan menjaga pola makan dan hidup sehat. Untuk kelompok usia 20-40 tahun dengan risiko bawaan disarankan untuk melakukan konsultasi dini dengan dokter. Intinya adalah melakukan pencegahan sejak dini. Anda bisa memahami factor risiko penyakit jantung mulai dari tekanan darah, lingkar pinggang, dan beberapa gejala lain. Setelah itu segera perbaiki pola hidup.

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments