Minggu, Desember 6, 2020
Beranda Politik Selamat Jalan " Gus Sholah " Allah SWT Telah Menjemputmu

Selamat Jalan ” Gus Sholah ” Allah SWT Telah Menjemputmu

Jombang, Jakartanews.co.id – Innalillahi Wainna Illaihi Roojiuun, Allohummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu telah pulang kembali ke Dzat Maha Agung KH. Sholahuddin  Wahid (Gus Sholah), Beliau adalah orang tua kita yang tercinta, bapak guru bangsa kita yang selalu memberikan tauladan kepada seluruh anak negeri.

Menurut Gus Ipang Wahid, Putra Gus Sholah mengatakan bahwa ayahandanya minngu lalu telah membaik setelah dilakukan ablasi dan sempat sudah membaik yang ahirnya di bolehkan untuk pulang kerumah. Beberapa hari dirumah Ayahandanya kembali ke Rumah Sakit sampai dengan hari terahirnya.

” Bapak Pada Hari Jumat kemarin kembali drop” Kata gus ipang dikutip dari kompas.com , minggu (2/2/2020).

KH. Sholahuddin Wahid meninggal pada hari Ahad 02 Februari 2020 pikul 20.59 di Rumah Sakit Jantung  Harapan Kita di Jakarta .

KH. Sholahuddin Wahid Lahir 11 September 1942, di Jombang Jawa Timur, merupakan putra ke 3 dari pasangan KH. Wahid Hasyim dengan Nyai Sholichah.

KH. Sholahuddin Wahid mengenyam pendidikan dari mulai Sekolah Dasar Hingga Sekolah Menengah Ahir di Jakarta, kemudian menlanjutkan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Aritektur, pada saat di ITB ini Gus Holah mulai aktif diberbagai organisasi mahasiswa seperti Senat Mahasiswa ITB, dan juga sebagai Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Gus Sholah belajar ilmu agama dari kecil langsung dari Ayahandanya KH. Wahid Hasyim, disamping itu juga belajar dari KH. Bisri Syamsuri dan di Pondok Pesantren Denanyar Jombang untuk belajar ilmu Fiqih, Nahwu Sorof serta belajar ilmu tarikh.

Gus Sholah disamping sebagai Ulama Nahdatul Ulama juga dikenal sebagai Politisi dan Pejuang Hak Azazi manusia. Dibidang Politik tercatat Gus Sholah pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Umat pada tahun 1998-1999.

Gus Sholah juga pernah menjadi Anggota MPR RI pada Tahun 1998,  serta pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden bersama Wiranto pad tahun 2004lalu yang pada waktu itu di usung oleh Partai Golongan Karya.

Dalam memperjuangkan Hak Azazi Manusia Gus Sholah Pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM pada tahun 2002, tercatat Gus Sholah pernah memimpin Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF)untuk kerusuhan mei 1998, dan pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penyelidik Adhock Pelanggaran Hak Azazi Manusia Berat, bulan Mei 1998.

Pada Tahun 2006 Gus Sholah resmi menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur sampai dengan sekarang.

kesuakaanya terhadap dunia literasi juga telah banyak menyumbangkan karya yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Diantara karya – karya Gus Sholah antara lain Basmi Korupsi, Jihad Akbar Bangsa Indonesia yang diterbitkan pada tahun 2003, Menggagas Politi Nahdatu Ulama yang terbit pada tahun 2002 dan masih banyak lagi karya lainnya.

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments