Sabtu, November 28, 2020
Beranda Bisnis & Ekonomi Presiden Jokowi Gencar Membangun Labuan Bajo Untuk Menjadi "Surga Baru Dari...

Presiden Jokowi Gencar Membangun Labuan Bajo Untuk Menjadi “Surga Baru Dari Indonesia Timur”

NTT, Jakartanews.co.id – Indonesia adalah Negara Kepulauan yang sangat luas, beribu-ribu pulau terbentang dari ujung Pulau Sumatra sampai dengan Kepulauan Papua. Negeri Khatulistiwa ini dikaruniai Tuhan Yme kekayaan yang berlimpah, baik di laut maupun di daratan, maka sebagai warga Indonoesia kita patut bersyukur akan karunia tersebut.

Labuan Bajo Untuk Menjadi "Surga Baru Dari Indonesia Timur"
Labuan Bajo Untuk Menjadi “Surga Baru Dari Indonesia Timur”

Indonesia Timur dulu memang jarang tersentuh pemerintah pusat, yang mengakibatkan mereka merasa sebagai anak tiri di Negeri ini. Padahal Indonesia timur menyimpan banyak pesona yang menakjubkan, baru setelah pemerintahan Presiden Joko Widodo wilayah Indonesia Timur mulai di adakan pembangunan besar-besaran.

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang sedang dibangun besar-besaran oleh Pemerintah Indonesia, bahkan di harapkan akan menjadi destinasi wisata premium di Indonesia. Pmerintah tak tanggung-tanggung dalam mempersiapkan Labuan Bajo untuk diperkenalkan di dunia internasional.

Presiden Joko Widodo Bertolak ke Nusa Tenggara Timur, Minggu (19/1/20) untuk melihat langsung proyek pembanguan pelabuhan multipurpoase Labuan Bajo.

Dikutip melalui www.setkab.go.id , Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pembanguan Kawasan Wisata Superpreium Labuan Bajo akan dimulai tahun ini, ada lima kawasan yang akan segera dibangun. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat mempumpin Rapat Terbatas untuk pengembangan destinasi Laabuan Bajo di Plataran Komodo Resot, Labuan Bajo, Manggarai, NTT Senin (20/1/20).

Turut hadir dalam Rapat Terbatas tersebut Menteri Sekertaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BNPB Letjend Purn Doni Monardo, Kepala BASARNAS Bagus Puruhito, Gubernut NTT VIcktor Laiskodat dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula.

Labuan Bajo Untuk Menjadi "Surga Baru Dari Indonesia Timur"
Labuan Bajo Untuk Menjadi “Surga Baru Dari Indonesia Timur”

Membuka Rapat Terbatas Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa pasar yang akan dibidik untuk datang ke Labuan Bajo adalah Wisatawan yang akan mengeluarkan uang lebih besar dibanding wisatawan biasanya, oleh sebab itu harus benar-benar diperhatikan Kebersihan, Kerapian, Kenyamanan dan Keamanan bagi wisatawan.

” Agar Segmen pasar wisatawan yang datang disini adalah wisatawan yang mengeluarkan uang lebih banyak dari wisatawan biasanya maka perlu integrasi baik berkaitan dengan Kebersihan, Kerapian, Kenyamanan, Serta Keamanan bagi para wisatawan”, Ujar Jokowi mengawali Rapat Terbatas.

Selanjutnya Presiden Joko Widodo menginginkan adanya tambahan Hotel Berbintang karena itu masih sangat diperlukan, walaupun saat ini sudah ada beberapa Hotel Berbintang yang menyediakan berbagai fasilitas.

” Lima Zona yang harus di tata antara lain Pertama Bukit Pramuka, Kedua di Kampung Air, Ketiga  Pelabuhan Peti Kemas dan Dermaga Penumpang, Keempat Kawasan Marina dan yang Terahir Kampung Ujung” Lanjut Presiden.

Presiden berharap, Lima Zona tersebut menjadi zona ruang publik yang tidak terputus hingga menjadi Landscaping yang indah agar menjadi generator penggerak aktivitas ekonomi masyarakat di Labuan Bajo.

Presiden juga mengharapkan agar masyarakat lokal harus menikmati dan menjadi bagian dalam pembangunan Labuan Bajo tersebut, oleh karena itu SDM masyarakat harus segera di tingkatkan antara lain keahlian, ketrampilan dan kompetensinya yang harus disesuaikan dengan industri pariwisata yang sedang dikerjakan.

Presiden Joko Widodo juga mengingatkan untuk Usaha Kecil, Usaha Mikro dan Usaha Menengah jangan ditinggalkan nanti harus ada tim kreatif yang akan membimbing produk lokal agar menarik.

” Kita harapkan seperti tenun, kopi, kerajinan dan makanan khas dapat berkembang, seiring juga dengan atraksi budaya daerah, seni daerah juga harus dikembangkan agar semakin hidup dan menghidupkan Labuan Bajo ” tutup Presiden Joko Widodo.

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments