Jumat, November 27, 2020
Beranda Health Penyebab, Penyebaran, Ciri-Ciri Terjangkit Dan Mencegah Virus Mematikan " Corona 2019nCov"

Penyebab, Penyebaran, Ciri-Ciri Terjangkit Dan Mencegah Virus Mematikan ” Corona 2019nCov”

Jakartanews.co.id – Ahir tahun 2019 menjadi awal terjadinya bencana mematikan umat manusia dengan munculnya Virus Corona Baru yang diberi nama “2019nCov”, karena ditemukan pada Desember 2019 lalu. Kota pertama kali ditemukannya virus tersebut adalah di Wuhan, China, baru di ikuti beberapa negara lain.

Sampai dengan saat ini ada 16 negara yang tercatat malaporkan positif Virus Corona antara lain Jepang, China, Australia, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Singapura, Nepal, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Sri Lanka, Kanada, Amerika Serikat, Prancis dan Juga Jerman, mereka telah melaporkan beberapa warganya positif terkena Virus Corona tersebut.

China merupakan negara yang paling besar tercatat mengalami kasus terjangkit Virus Corona, hampir seluruh negara rata-rata sudah terpapar Virus Corona. Sampai dengan saat ini berdasarkan informasi Otortas China tercatat 106 orang meninggal dunia dan 4.515 positiv terjangkit virus mematikan tersebut.

Indonesia sendiri saat ini Siaga I menghadapi kemungkinan penyebaran Virus Corona tersebut, 100 rumah sakit di berbagai daerah telah disiapkan menghadapi kemungkinan adanya warga yang terjangkit virus mematikan ini.

PENYEBAB VIRUS CORONA 

Virus Corona adalah virus yang berasal dari hewan seperti keleawar, ular dan di Kota Wuhan sendiri yang pertama kali terjangkit adalah mereka yang habis mengkonsumi sop ular di Pasar Wuhan, China.

Dari hewan yang dimakan inilah Virus Corona masuk ke tubuh manusia dan setelah berada ditubuh manusia Virus Corona tersebut dapat langsung menyebar ke manusia lainnya.

PENYEBARAN VIRUS CORONA ANTAR MANUSIA

Diberitakan di kompas.com (25/1/2020) Virus Corona (2019nCov) ini setelah menjangkiti manusia dapat dengan mudah menular ke manusia lain melalui mata. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang dokter dari China yang terjangkit setelah setalah seminggu dari Wuhan, Dr Wang Guangfa merupakan dokter ahli pernafasan yang telah membantu penanggulangan SARS 2003 lalu.

Wang Guangfa menyampaikan pada saat mengunjungi pasien terjangkit di Wuhan, telah menggunakan pelindung lengkap dari mulai pakaian sampai dengan menggunakan masker N95, kecuali mata tidak menggunakan pelindung.

Sepulang dari Wuhan mata sebelah kiri Dr Wang langsung mengalami konjungtivitis dan beberapa jam kemudian dilanjutkan demam dan radang selaput lendir yang parah. Ahirnya karena dengan obat flu biasa tidak mengalami perkembangan membaik, Dr Wang lansung mengadakan tes Virus Corona hasilnya Positif terjangkit virus.

Dari Keterangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penularan paling cepat melaui mata virus ini dapat menyebar dengan cepat.

CIRI- CIRI TERJANGKIT VIRUS CORONA

Gejala terjangkit Virus Corona (2019nCov) ini tidak jauh dengan Virus SARS pendahulunya antara lain demam tinggi, kesulitan bernafas dan batuk, serta radang tenggorokan.

CARA MENCEGAH VIRUS CORONA

Cara Mencegah terjadinya penularan Virus Corona (2019nCov) Sangatlah mudah dilakukan:

  • Pastikan tubuh dalam keadaan fit dengan makanan yang bergizi cukup, bila dibutuhkan tambah dengan multi vitamin
  • Patikan tubuh anda dalam keadaan bersih, terutama tangan anda yang sering menyentuh benda-benda kotor dengan cara mencuci tangan anda dengan sabun, pastikan kuku dan jari bersih.
  • Sebelum cuci tangan dengan bersih hindari jari kita untuk menyentuh mulut, hidung dan mata.
  • Gunakan masker apabila pergi ketempat umum.
  • Hindari kontak langsung dengan penderita atau yang telah positve terjangki Virus Corona.

editor : Leonarta Tarigan

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments