Sabtu, November 28, 2020
Beranda Kriminalitas Pembobolan Bank Milik Ilham Bintang

Pembobolan Bank Milik Ilham Bintang

Sindikat Penjualan Data Oleh Pegawai Bank

Polda Metro Jaya akhirnya dapat meringkus pelaku pembobolan rekening bank yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang pada 3 januari 2020 lalu.

Modus Duplikasi SIM Card Untuk Pembobolan bank

Pembobolan rekening Ilham Bintang dilakukan dengan menduplikasi Kartu SIM dengan register Ilham Bintang yang ternyata data pribadinya didapat dari tersangka yang memiliki akses layanan infromasi keuangan milik OJK <Otoritas Jasa keuangan>

Dari keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Pol Yusri Yunus delapan tersangka yang sudah diringkus yaitu inisial D, H, H, R, T, W, J, dan A memiliki peran yang berbeda dalam melaksanakan aksinya. Tersangka D merupakan otak perencana aksi. D juga diketahui memiliki jaringan penipuan di beberapa daerah lain. D sendiri ditangkap di daerah Palembang, Sumatra Selatan.

Kronologi Pembobolan bank

Dalam aksinya, D meminta bantuan H yang memiliki akses ke Sistem Layanan Informasi keuangan <SLIK> OJK. H sendiri diketahui bekerja di bank Bintara Pratama Sejahtera.  Data tersebut di dapat H dengan bantuan dari dua karyawannya yaitu R dan H. Data nasabah tersebut kemudian dijual kepada D. Data sendiri dijual dengan harga Rp. 100.000 per data semenjak 2019. Dari data tersebut diketahui limit penarikan uang dalam rekening serta nomor telepon dan NIK.

Kemudian dari data yang di peroleh D memilih korban dan mendapati data milil Ilham Bintang. Nomor Ilham yang sedang tidak aktif lantaran sedang berada di luar negeri menjadi kesempatan untuk menduplikasi kartu SIM. Melalui bantuan tersangka J, maka D membuat KTP baru palsu atas nama Ilham Bintang. Setelah KTP palsu jadi, D kemudian menyuruh etrsangka T untuk datang ke Gerai Indosat dan membuat kartu SIM dengan nomor milik Ilham Bintang. T bersama tersangka W kemudian datang ke gerai Indosat yang berada di Bintaro exchange.

Berbekal kartu SIM baru, D mulai menelisik M-Banking milik Ilham melalui email. Untuk membuka data email, dikirim OTP ke nomor SIM baru yang kemudian digunakan untuk mengganti password email dan membuka data bank. Setelah itu dua rekening Ilham Bintang dikuras habis.

Beraksi semenjak 2018

Dari hasil pemeriksaan diketahui ternyata tersangka D sudah beraksi semenjak tahun 2018 dan sudah membobol 19 korban dan menelan kerugian sebesar 1 milyar secara keseluruhan. Dari korban ilham Bintang sendiri kerugian yang di derita dari dua bank yaitu bank BNI sebanyak RP 83 juta sedangkan untuk bank Commonwealth adalah sebesar Rp 200 juta. Dari bank BNI sudah melakukan pengembalian dana kepada ilham Bintang sebesar 83 juta sedangkan dari pihak bank commonwealth masih menunggu konfirmasi.

Tips menghindari pembobolan rekening melalui SIM card

Berkaitan dengan kejadian pembobolan bank yang dialami oleh Ilham Bintang, Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyelenggara telekomunikasi Seluruh Indonesia atau ATSI Marwan O Baasir berharap agar masyarakat menjadi lebih hati-hati dengan personal information termasuk KTP yang digunakan untuk registrasi SIM Card. Berikut ada beberapa tips untuk menghindari pemboboan rekening

  1. Memasang privasi di data sensitive. Atur mode privacy dalam handphone atau media sosial karena biasanya pelaku akan mencari informasi melalui media sosial terlebih dahulu.
  2. Jangan gampang memberikan foto KTP atau data pribadi. Hindari web, sms, ataupun telepon yang meminta data pribadi atau KTP. Jangan pula umbar foto KTP Karena rentan di salah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Jangan memberikan kode rahasia seperti OTP, PIN, 3 nomor Card verfification Value, atau card verfification Code serta tanggal kadaluarsa kartu yang tertera di belakang kartu kredit. Jangan mencatat di sembarang tempat apalagi menyimpan di dompet atau telepon selular. Petugas Bank tidak akan pernah meminta informasi rahasia tersebut dengan cara menghubungi pelanggan melalui telepon.

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments