Minggu, Desember 6, 2020
Beranda Internasional Mengenal Kapal Selam Buatan Dalam Negeri " Alugoro-405"

Mengenal Kapal Selam Buatan Dalam Negeri ” Alugoro-405″

Jakarta, Jakartanews.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) akan mendapatkan tambahan kekuatan baru, kapal selam pertama buatan dalam negeri yang di beri nama ” KRI Alugoro-405″ buatan PT. PAL Indonesia.  Kapal selam pertama yang dibuat dalam Negeri ini merupakan kapal selam hasil kerjasama antara PT. PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding  and Marine Enginering, Co. Ltd Korea Selatan.

Kapal Selam Alugoro 405 ini di lengkapi dengan Torpedo Black Shark, yang merupakan sistem senjata bawah air yang diproduksi oleh Italia, Torpedo Black shark merupakan torpedo generasi terbaru yang diproduksi anak perusahaan dari Leonardo-Finmeccanica yang merupakan  perusahaan persenjataan dari Italia yaitu Whitehead Alinia Sistemi Subacquei  .

Mengenal Kapal Selam Buatan Dalam Negeri " Alugoro-405"
Mengenal Kapal Selam Buatan Dalam Negeri ” Alugoro-405″

Torpedo Balack Shark  juga terpasang pada kapal selam pendahulunya buatan PT.PAL Indonesia dan Daewoo Shipbuilding  and Marine enginering, Co. Ltd Korea Selatan, dikerjakan di Korea Selatan Yaitu KRI Nagapasa 403 dan Ardadedali 404 dan telah beroperasi di perairan Indonesia.

Torepedo Balack Shark yang memiliki panjang 6 meter dan diameter 533 millimeter di klaim dapat bertahan hingga 20 tahun, torpedo buatan Italia ini dapat meluncur dengan kecepatan 50 knot dengan jarak maksimal sampai dengan 50 Kilometer. Torpedo buatan Italia ini juga mempunyai tingkat kebisingan yang sangat rendah hingga sulit terdeteksi.

KRI Alugoro 405 ini mempunyai panjang 61,3 meter, dan mampu bergerak dengan  kecepatan 21 knot dalam kondisi menyelam sedangkan ketika dipermukaan kcepatan maksimal mencapai 12 knot, KRI Alugoro ini mampu membawa 45 awak. Saat ini Alugoro 405 masih dalam proses pengujian di perairan Pulau Bali.

Dari hasil test Nominal Diving Depth (NDD) KRI Alugoro 405 mampu menyelam dengan kedalaman 250 meter, Nomilal Diving Depth merupakan satu dari 53 Sea Acceptance Test (SAT) (21/1/2020) di Perairan Pulau Bali. Alugoro 405 juga masih menjalani serangkaian Harbour Acceptance Test (HAT), sebelum diserah terimakan ke Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. KRI Alugoro 405 rencananya akan diserah terimakan pada Desember 2020 mendatang.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke PT. PAL Indonesia, senin (27/1/2020), meninjau langsung Kapal Selam kebanggan Indonesia, pada kunjungan tersebut Presiden di Dampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Para Menteri lainnya.

Di Lansir dari https://setkab.go.id Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam PT.Penataran Angkatan Laut (PAL) Indonesia, di Surabaya menyampaikan bahwa kedepan kita harus mempunyai strategi dan kebijakan untuk pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutista), pengembangan industri lokal demi mengurangi ketergantungan dengan barang impor.

” Hari ini kita membahas strategi besar kedepan, untuk pengembangan produksi Alat Utama Sistem Senjata” Presiden mengawali Rapat Terbatas.

” Kita juga perlu reformasi supaly Chain, serta mengembangkan Industri Lokal untuk mengurangi ketergantungan barang impor, juga perlu diperhatikan berkaitan dengan Efisiensi, dan Management tata kelola” tutur prseden Jokowi menambahkan.

Presiden Jokowi juga berharap kedepan bukan hanya produksi peralatan pertahanan saja tapi juga harus mampu untuk memproduksi produk non militer, hingga kedepan akan banyak order-order baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

” Kedepan kita bukan hanya memproduksi alat-alat militer, pertahanan tetapi juga memproduksi produk non militer jadi banyak order” Ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berharap 15 tahun kedepan paling tidak kita sudah dapat pesanan atau order , maka sangat diperlukan pembenahan tata kelola dan efisiensi serta diperlukan rencana jangka panjang hingga lebih terarah.

 

 

 

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments