Minggu, Desember 6, 2020
Beranda Health Menangkal Virus Corona Ke Indonesia

Menangkal Virus Corona Ke Indonesia

Meskipun di Indonesia belum terdeteksi adanya korban virus Corona, namun tetap ada baiknya apabila kita mengantisipasi akan penyebaran virus Corona.

Apa itu Virus Corona?

Virus corona sendiri sebetulnya merupakan virus yang sangat umum dan kebanyakan tidak berbahaya. Virus corona akan menginfeksi hidung, sinus serta tenggorkan bagian atas. Namun ternyata, ada beberapa jenis virus corona yang bermutasi dan memiliki efek yang serius.  Virus corona yang tercatat memiliki serangan mematikan adalah MERS yang muncul di tahun  di Arab Saudi dan pada  corona virus yang diakibatkan oleh SARS. Virus Corona yang menyerang di China sendiri diidentifikasi sebagai virus corona n-cov.  Nama Virus ini diambild ari bentuknya yang menyerupai mahkota dan pertama kali diidentifikasi pada tahun 6.

Gejala kontaminasi virus corona

Bagi penderita yang terindikasi sudah terinfeksi oleh virus corona, maka akan muncul beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Gejala infeksi virus corona hampir mirip dengan gejala pneumonia yaitu demam, batuk, serta mengalami sesak nafas. Selain itu, pada beberapa penderita yang sudah berat, gejala pneumonia akan lebih kentara dengan adanya sidnrom pernafasan akut serta kematian.

Gejala infeksi corona virus ini sendiri mengalami masa inkubasi hingga  hari setelah kontak dengan virus. Namun demikian virus corona baru ini diyakini tidak seganas atau mematikan seperti virus MERS atau SARS.

Waspada  Kelompok Rentan Infeksi Corona

Jenis virus corona dapat meneyrang siapa saja. Namun tiga kelompok ini, yaitu ibu hamil, anak serta lansia harus lebih waspada. Ibu hamil, anak serta lansia harus lebih waspada dikarenakan mereka tidak memiliki kekebalan sebaik orang-orang di usia produktif. Kondisi inilah yang membuat resiko mereka untuk tertular virus menjadi lebih rentan.

Ikatan Dokter Indonesia juga menyebut agar masyarakat tidak terlalu panic berkaitan dengan kemunculan infeksi virus corona di beberapa Negara termasuk China. IDI menghimbau agar masyarakat memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat apabila merasakan gejala infeksi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Menjadi waspada boleh, namun tetap tenang dan tidak panic.

Mencegah virus corona

Ketua umum Ikatan Dokter Indonesia atau IDI, Daeng Muhammad Faqih mengatakan bahwa penularan virus Corona masuk melalui tubuh dengan cara dari batuk, makan, serta bersin. Dari air liur, atau apabila batuk lalu ada makanan di depannya, maka bisa terkontaminasi oleh virus corona. Lakukan cara-cara mudah berikut ini untuk menjaga kesehatan serta mencegah infeksi virus corona.

  • Meningkatkan imunitas. Bisa dengan selalu menjaga hygienitas tangan dan badan. Selalu mencuci tangan terutama setelah bersin atau batuk.
  • Selalu hygienis. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  • Istirahat yang cukup
  • Menggunakan masker apabila pergi ke luar ruangan

Langkah cepat pemerintah

Sementara itu, pemerintah Indonesia melakukan berbagai langkah upaya untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya infeksi virus Corona ke Indonesia. Presiden Jokowi melalui cuitan di laman twitter nya menegaskan bahwa belum ada indikasi adanya penyebaran virus corona masuk ke Indonesia dan pemerintah sudah melakukan berbagai langkah untuk antisipasi.

Mengontrol pintu masuk internasional baik di jalur darat, laut hingga udara menjadi langkah awal sebagai deteksi terhadap penyebaran virus corona. Ketika mesin pendeteksi panas mendeteksi suhu tubuh di atas normal maka akan segera dilakukan penanganan secepatnya

Langkah selanjutnya adalah menghentikan penerbangan dari dan menuju ke kota Wuhan China. Semenjak hari minggu 26 januari 2020 pemerintah China sendiri sudah mengisolir 15 kota dengan total penduduk mencapai lebih dari 56 juta lebih. Sayangnya, dengan adanya isolasi tersebut, Warga Negara Indonesia yang ada di China juga terisolasi. Sebanyak 250 mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di propinsi Hubei, hampir separuhnya berada di Wuhan. Pihak KBRI sendiri telah memastikan bahwa para mahasiwa aman dengan memastikan kebutuhan pokok selalu terpasok dengan baik.

baca juga : wabah virus corona di China, Bagaimana nasib pelajar dan tenaga kerja Indonesia 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments