Sabtu, November 28, 2020
Beranda Politik Banjir Ibu Kota Jakarta, Bikin Miris !

Banjir Ibu Kota Jakarta, Bikin Miris !

Jakartanews.co.id – Memasuki tahun 2020 ini Cuaca Ekstrim hampir melanda seluruh daerah di Indonesia termasuk Ibu Kota Jakarta, tercatat pada awal Januari 2020 hingga ahir januari ini  kota Jakarta beberapa kali terendam banjir dibeberapa titik Kota Jakarta. Lantas apa sajakah langkah-langkah Kepala Daerah dalam rangka mengatasi banjir dimasa yang akan datang?.

Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta dinilai sangat lamban dalam mengatasi banjir Jakarta, tercatat setelah banjir besar yang melanda jakarta pada, Rabu hingga Kamis (1-2/1/2020) yang hampir merendam seluruh wilayah Jakarta tidak menjadikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil langkah cepat dan tepat untuk menangani banjir.

Hingga pada hari Jumat (24/1/20) Jakarta kembali direndam banjir, walaupun tidak separah awal januari lalu, tercatat beberapa kelurahan tergenang banjir antara lain, Kelurahan Semper Timur, Kelurahan Cilincing, Kelurahan Lagoa, Kelurahan Ancol, Kelurahan Cempaka Baru, Kelurahan Kebon Kosong, Kelurahan Kapuk,  Kelurahan Cawang, termasuk Underpass Kemayoran pun ikut terendam dan ini jarang sekali terjadi.

Lebih miris karena Jalan merdeka barat dan Monas juga terendam hingga 50 cm, tentu ini sangat menghawatirkan karena Istana Kepresidenan terletak diseberangnya, dimana Istana tersebut merupakan tempat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menemui tamu-tamu Negara.

Ketua Majlis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Bambang Soesatyo,(Bamsoet) yang ditemui saat memberikan bantuan korban banjir di Clilitan Kramat Jati menilai bahwa Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur Anies Baswedan tidak ada eksekusi dalam penangan banjir. Bamsoet juga menyampaikan bahwa Masterplan penanganan banjir itu sudah ada sejak 1973 tapi sampai saat ini belum bisa membuat Ibukota Negara ini bebas atau paling tidak mengurangi banjir.

” Tidak ada eksekusi dari Kepala Daerah, Kelemahan kita adalah bagus di rencana tapi lemah di eksekusi ” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Minggu (26/1/20).

” Rakyat butuh aksi nyata pemangku kepentingan Jakarta, Sudah saatnya pemimpin jakarta menunjukkan aksi nyata bukan beretorika” tambah Bamsoet.

Pada hari yang sama, Minggu (26/1/20) Kepala Sekertariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan ajakan kepad Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bersama-sama dalam mengatasi banjir. Heru juga menyampaikan sebenarnya seluruh wilYh DKI Jakarta ya merupakan wewenang Pemda DKI Jakarta, are yang merupakan wewenang Sekertariat Negara.

” mari bersama-sama dalam menjaga Jakarta dari banjir, jika banjirpun dapat ditangani dengan cepat” Kata Heru kepada wartawan.

” Memang ada yang kewenangan Sekertariat Negara, ada yang kewenangan Pemda DKI Jakarta tapi jangan karena ada yang kewenangan SEKNEG kemudian Pemda DKI hanya membantu” Heru Budi menambahkan.

Pernyataan tersebut disampaikan Heru Budi Hartono sebagai tanggapan atas pernyataan Gubernur Anies Baswedan yang menyatakan bahwa area kemayoran merupakan wewenang pusat dalam hal ini Sekertariat Negara.

Penulis : Adi

Editor   : Leonarta Tarigan

 

 

 

 

 

Most Popular

Nelayan Benih Lobster Lampung dan Bengkulu, Sangat Antusias atas Dibukanya Keran Ekspor Benih Lobster

Jakartanews.co.id, Pesisir Barat - Berbeda dengan para politikus yang sampai saat ini masih simpang siur dan saling beradu argumen tentang kebijakan terbaru yang dikeluarkan...

Presiden Jokowi Memberikan Bantuan Untuk Usaha Mikro Di Yogyakarta

Jakartanews.co.id, DIY - Presiden Joko Widodo dalam rangka meringankan beban para pelaku usaha mikro, meluncurkan Banpres Usaha Mikro.Bantuan tersebut berupa modal kerja yang dapat...

Presiden Jokowi Banjir Ucapan Selamat Ulang Tahun

Jakartanews.co.id, Jakarta - Preasiden Joko Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke 59 tahun, Jokowi Lahir di Solo pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudijatmi...

Anggota Komisi II DPR RI, Desak Pemerintah Segera Terbitkan PERPPU PILKADA

Jakarta, Jakartanews.co.id – Angggota DPR RI Komisi II dari Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Pemiilihan...

Recent Comments